template.vuinsider.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Untuk Penulis Artikel

Mendapatkan penghasilan melalui internet adalah salah satu bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat terutama dengan membuat blog. Dalam membuat situs baru atau blog baru, semua orang juga bisa melakukannya. Namun ada beberapa blogger awam jika ditanya mengenai menghasilkan pendapatan melalui blog mereka tidak mengetahui caranya. Pada artikel ini saya akan memberikan tips menghasilkan uang melalui blog/internet dengan mudah sampai dengan jutaan rupiah.
Pada umumnya jika anda ingin mendapatkan uang dengan bisnis ini, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat atau membangun sebuah blog dimana blog ini nantinya akan menjadi sumber penghasilan anda. Tentunya membangun blog harus memiliki tujuan yang jelas, agar nantinya anda bisa me-monetize (monetasi) blog tersebut dengan mudah. Nah jika anda sudah mempunyai alasan serta tujuan yang jelas, menghasilkan jutaan sekalipun bukan mimpi lagi untuk anda dan istilah keren dari terjun ke dunia blogging adalah seperti ini "Blogging for money".

Oke langsung saja, apabila blog anda sudah mulai populer dan terkenal dikalangan masyarakat indonesia maksud populer adalah trafik blog anda sudah melambung tinggi maka lakukan beberapa cara menghasilkan uang dengan mudah melalui blog pada berikut ini.

Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Untuk Penulis Artikel

1. Menjual Produk Sendiri/Jasa Sendiri.

maksud dari menjual produk atau jasa sendiri disini adalah apabila seandainya anda memiliki suatu produk atau mempunyai bakat di bidang jasa, entah itu jasa menulis artikel dalam bahasa indonesia atau bahas inggris alangkah baiknya anda menjual produk/jasa anda melalui blog. Caranya sangat mudah anda cukup tinggal membuat sebuah banner yang menggambarkan produk atau jasa anda nantinya anda pasang banner tersebut di blog.

Apa bisa menjual produk sendiri? tentu bisa. Dengan menjual jasa/produk sendiri anda akan lebih mudah di dalam mempromosikan jasa/produk tersebut. Mengapa demikian? karena anda pastinya sudah mengetahui segala informasi mengenai produk yang dijual. 

2. Mengikuti Program Affiliate Marketing/ Afiliasi 

Cara kedua yakni dengan mengikuti program affiliate marketing. Untuk anda yang tidak mengetahui apa itu affiliate/afiliasi. affiliate marketing adalah sebuah program yang membantu blogger menghasilkan uang dengan cara mempromosikan produk atau jasa orang lain. Sistem kerjanya program ini cukup mudah dimana anda mempromosikan dan menjual produk orang lain tersebut, jika produk orang lain itu laku maka anda akan mendapatkan komisi hingga 10 - 75% dari harga produk. 

Berikut ini adalah beberapa contoh program afiliasi baik dalam negeri atau luar negeri.
  • Afiliasi Produk/Barang Di situs Amazon.com, Lazada, Bli-bli dan Bukalapak.
  • Afiliasi E-book
  • Afiliasi Software
  • Afiliasi Hosting/Domain
  • Afiliasi Iklan
  • Afiliasi Jasa
Kemudahan mengikuti program afiliasi adalah anda tidak perlu bersusah payah untuk membuat produk lagi karena produk tersebut sudah disajikan oleh orang yang membuat program afiliasi tersebut. Sistem kerjanya juga hampir dengan menjual produk sendiri yakni anda harus melakukan review produk tersebut dan membuatkan sebuah banner untuk produk tersebut kemudian pasangkan pada blog anda.

3. Menawarkan Space Avaible / Ruang Kosong

Cara ketiga yakni dengan menawarkan sejumlah ruang kosong pada blog. Jika anda ingin melakukan cara seperti ini maka trafik atau visitor pada blog anda harus tinggi. Cara ini sangat tergantung pada jumlah trafic blog anda.

Perlu diingat kembali hal yang perlu anda perhatikan adalah tidak menerima iklan yang tidak berkaitan dengan topik niche blog anda. Misalkan jika blog anda mengambil niche tentang blogging iklan yang anda pasang mengenai iklan dewasa itu akan membuat konversi iklan menjadi jelek serta blog anda akan terkena pinalty dari google.

4. Menjadi Publisher Iklan 

Cara lain dan mungkin cara ini juga banyak yang menggunakannya ialah dengan cara menjadi publisher iklan atau bekerja sama dengan program advertiser. Program advertiser ini sangat beragam macam jenisnya mulai dari CPC (Cost Per Click), CPM (Cost Per Million), PPD (Pay Per Download) dan yang lain lainnya. Disini anda bebas memilih jenis apa yang sesuai dengan blog anda yang diperlukan hanya anda harus disetujui untuk menjadi publisher sekaligus menjadi mitra dari penyedia iklan tersebut serta meningkatkan pengunjung/visitor blog anda agar peluang penghasilan menjadi lebih meningkat.

Cara ini juga ada kelemahannya, dimana jika anda menjadi publisher iklan anda tidak dibayar langsung oleh penyedia iklan. Disini anda harus mengikuti prosedur penyedia iklan seperti halnya anda harus menunggu batas ambang/minimum bayaran penghasilan yang boleh diambil.

5. Membangun Situs Toko Online

Cara yang trakhir yakni membuat situs toko online, sistem kerjanya sangat beda dengan sistem kerja cara di atas. Disini anda dituntut memiliki sebuah situs toko online. Nantinya pada situs ini anda bisa menjual produk anda sendiri, barang orang lain atau suplier serta dropship.

Jika seandainya anda tidak memiliki sebuah produk untuk ditawarkan maka anda bisa menggunakan metode dropship dimana metode dropship ini sistem kerjanya seperti anda menjual barang orang lain kemudian jika anda menerima sejumlah uang dari pembeli maka anda setorkan uang tersebut kepada penjual lalu meminta penjual untuk mengirimkan barangnya. 

Nah demikianlah bagaimana cara menghasilkan uang melalui sebuah blog dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Untuk Penulis Artikel"